Ramadhan kali ini

Memasuki hari ke 5 berpuasa, memberi pengalaman tersendiri buatku. Dengan teman2 baru, dengan adik2 kost baru, dengan suasana yang baru dan tantangan baru. Kebiasaan yang dulu sering aku lakukan bersama teman2 tidak lagi aku rasakan. karna ramadhan kali ini kulalui seorang diri. jauh dari keluarga. tidak bisa sering2 pulang. membuatku harus merubah segala jadwal dan kebiasaan. aku lebih mandiri dalam memutuskan dan melakukan aktivitas. dulu masih ada yang setia menemani ku untuk berbagi indahnya ramadhan. ya...itu sudah lama berlalu. saat kurindukan ramadhan kali ini, aku berharap diriku akan menjadi lebih baik dari ramadhan sebelumnya. tanpa mengurangi rasa rendah hati dan tetep istiqomah.
berbagai kenikmatan ramadhan terasa lebih menyejukkan. lebih tenang. lebih bisa menahan diri dari emosi dan belenggu ambisi, meski hanya dengan keluarga kecil yang bernama "teman satu blok" di kost2an. rasa menjadi paling tua diantara anak2 kost membuatku bersikap sebagai kakak. bisa memberi ketenangan pada adik2 yang baru memasuki jenjang perkuliahan. mereka belum begitu paham dengan dunia baru mereka. lepas dari orang tua dan mencoba berkelana dengan lingkungan baru. aku hanya manusia biasa yang terkadang punya kesalahan. sehingga tanpa disadari, sikap itu memberi imbas pada lingkunganku.
untuk ramadhan kali ini, aku ingin menjadi yang terbaik dan lebih baik dari sebelumnya. untuk diriku sendiri, keluargaku dan masa depanku. lebih semangat menjalani hak dan kewajibanku sebagai seorang manusia, anak, pekerja, mahasiswa dan kakak dari adik2 ku.
semoga aku bisa mewujudkan semangat yang aku bangun di ramadhan kali ini. amin....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

lagi-lagi sakit...

Lebaran sbentar lagi...

jika aku....